Pastikan Sesuai Cagar Budaya, Pokja 2 DPRD Parepare Tinjau Progres Renovasi Gedung Disdikbud

Pastikan Sesuai Cagar Budaya, Pokja 2 DPRD Parepare Tinjau Progres Renovasi Gedung Disdikbud
Pastikan Sesuai Cagar Budaya, Pokja 2 DPRD Parepare Tinjau Progres Renovasi Gedung Disdikbud. (foto: Dprd Parepare)

ONEANEWS.com – Pokja 2 DPRD Kota Parepare berkunjung ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) guna meninjau progres renovasi gedung Disdikbud yang merupakan salah satu cagar budaya Parepare.

Hadir Anggota DPRD dari Partai Gerindra Yusuf Lapanna, Anggota DPRD dari Partai Gelora, Parman Agoes Mante, Anggota DPRD dari Partai Demokrat, Faridah, dan Anggota DPRD dari Partai PKS Sappe.

“(Kunjungan) dalam rangka pengawasan, memastikan bahwa pembangunan tetap sesuai dengan bentuk cagar budaya,” ungkap Parman Agoes Mante, yang dikonfirmasi, Sabtu (12/10/2024).

Dia mengatakan, hasil peninjauan Pokja 2 adalah renovasi gedung Disdikbud sejauh ini tetap sesuai dan tidak menghilangkan nilai cagar budayanya.

“Iya amanji, karena tidak merubah struktur dan bentuk aslinya. Kalau interiornya yang sedikit dihiasi, itu tidak masalah,” kata Parman yang akrab disapa P-Man.

Cagar budaya dari Gedung Disdikbud tetap terjaga asalkan struktur tidak berubah secara total.

“Tidak bisa dirubuhkan total, harus ada tersisa beberapa persen. Jika itu rehab total, boleh membangun ulang selama bentuk dan strukturnya tetap sama seperti sedia kala,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, meski renovasi merupakan penguatan struktur bangunan, namun hal itu tetap menjaga nilai cagar budayanya.

“Iya penguatan struktur itu perlu, tapi tidak bisa juga dirubuhkan semua. Prinsipnya jika terjadi pemugaran bangunan, tetap harus memperhatikan keasliannya,” kata P-Man.

“Makanya atap yang direhab di sana itu tetap menggunakan kayu, tidak mengganti baja ringan sebagai kontruksi modern,” tambah P-Man. (*)

Bagikan artikel ini ke :
error: