Disdik Sulsel dan Inspektorat Tangani Kasus Oknum Guru Ajak Siswi VC Telanjang di Pinrang

Disdik Sulsel dan Inspektorat Tangani Kasus Oknum Guru Ajak Siswi VC Telanjang di Pinrang
Kantor Cabang Dinas Pendidikan Sulsel Wilayah 8. (foto: oneanews)

ONEANEWS.com – Kasus oknum guru SMKN 2 Pinrang yang mengajak siswinya Video Call (VC) Telanjang, menjadi perhatian Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan Wilayah 8.

Kepala Cabang Disdik Sulsel Wilayah 8, Baharuddin Iskandar, mengatakan, oknum guru yang ngajak siswinya video call telanjang telah diberhentikan sementara.

“Yang bersangkutan diberhentikan sementara karena proses pemeriksaan juga. Yang jelas ini guru (honorer) diberhentikan sementara,” tegasnya saat dikonfirmasi melalui telepon, belum lama ini.

Sementara, Kasubbag TU Kantor Cabang Disdik Sulsel Wilayah 8, Munawar, mengatakan, Disdik Sulsel Cabang Wilayah 8 telah melakukan rapat bersama beberapa pihak soal kasus tersebut.

“Sudah dirapatkan di sekolah. Orang tua (korban), pihak sekolah, pelaku (guru), dan Disdik Cabang. Ada beberapa poin hasil rapat, yaitu sudah terjadi kesepakatan damai antara guru dan keluarga (korban). Guru juga sudah diberhentikan sementara sambil menunggu hasil investigasi Inspektorat,” ungkapnya Rabu (18/9/2024).

Jadi, kata dia, Disdik Sulsel telah menindaklanjuti hal tersebut. Namun, oknum guru tidak diberhentikan secara permanen sebagai guru honorer sebelum ada hasil dari Inspektorat.

“Apakah diberhentikan permanen atau tidak, nanti menunggu hasil investigasi Inspektorat,” katanya.

Meski begitu, saat ini kasus tersebut berfokus secara institusi. Artinya meski telah damai kedua pihak, Disdik mengambil tindakan tegas untuk sanksi pelaku (oknum guru).

“Fokus sekarang ini secara institusi. Artinya guru ini diperkirakan akan diberhentikan sebagai guru. Begitu rekomendasinya (Disdik Cabang). Apakah inspektorat mengiyakan atau satu visi dengan kami,” jelasnya.

“Mereka berhak memberi sanksi. Kami (Disdik) mau ada efek jera kepada guru di wilayah 8, bahwa kalau ada sperti itu kami tidak akan mentolerir hal seperti itu. Dan ini tidak hanya mencoreng pinrang, tapi Sulsel karena sudah viral,” tambahnya.

Inspektorat Sulsel dalam waktu dekat, kata dia akan turun langsung ke SMKN 2 Pinrang.

“Kabarnya minggu ini. Tapi belum ada jadwal pastinya,” pungkasnya. (*)

Bagikan artikel ini ke :
error: