Hadirkan Ridwan Sau, Pembukaan Festival Salo Karajae 2024 Meriah

Hadirkan Ridwan Sau, Pembukaan Festival Salo Karajae 2024 Meriah
Hadirkan Ridwan Sau, Pembukaan Festival Salo Karajae 2024 Meriah. (Foto: humas pemkot parepare)

ONEANEWS.com – Festival Salo Karajae 2024 Kota Parepare, yang merupakan ajang promosi pariwisata nasional, resmi dibuka pada Sabtu (24/8/2024), malam di Tonrangeng River Side.

Hadir Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Erwita Dianti, Staf Ahli Gubernur Sulsel Bidang Kesra Abdul Hayat Gani, serta Sekda Parepare Muh Husni Syam mewakili Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali yang membuka resmi festival dengan cara tradisional dan kreatif.

Pembukaan Festival Salo Karajae dihebohkan pada malam pembukaan dengan penampilan penyanyi lagu daerah Bugis Makassar, Ridwan Sau “Tetta”, yang menghipnotis ribuan masyarakat selama 60 menit.

Secara khusus, Erwita Dianti mengapresiasi dan mengacungi jempol festival tahunan yang kembali masuk dalam Top 100 Event Kalender Pariwisata Nasional, Karisma Event Nusantara (KEN) ini.

“Festival Salo Karajae di Parepare luar biasa,” puji Erwita.

KEN merupakan program kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan citra pariwisata Indonesia.

Sekda Parepare Husni Syam mengatakan, event tahunan ini bertujuan mengeksplorasi kearifan lokal masyarakat pesisir Sungai (Salo) Karajae yang diharapkan dapat membangkitkan sektor pariwisata dan meningkatkan perekonomian daerah.

Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali, yang baru saja tiba di lokasi, turut bernyanyi bersama penonton, dan mengapresiasi penampilan Ridwan Sau.

“Ini menjadi momen yang sangat baik, kehadiran Ridwan Sau dengan lagu-lagunya mampu menghipnotis warga Parepare yang hadir di sini,” kata Akbar Ali.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Parepare, HM Iskandar Nusu mengungkapkan alasan memilih Ridwan Sau sebagai pengisi acara.

“Lagu-lagu Ridwan Sau saat ini sedang hits, apalagi hampir semua lagunya dihapal dan dipahami masyarakat Parepare. Buktinya, masyarakat yang hadir jauh melebihi ekspektasi kita, sangat membludak,” ungkap Iskandar Nusu.

Festival Salo Karajae berlangsung lima hari, 24-28 Agustus 2024, dengan diisi beragam kegiatan dan lomba menarik bernuansa kearifan lokal, serta edukatif dan kreatif.

Roda perekonomian juga bakal berputar kencang, karena puluhan tenant UMKM lokal turut hadir di arena festival. (*)

Bagikan artikel ini ke :
error: