Hari Ini Grand Opening UMKM Kelurahan Benteng Pinrang, Dibangun Atas Swadaya Masyarakat 

Hari Ini Grand Opening UMKM Kelurahan Benteng Pinrang, Dibangun Atas Swadaya Masyarakat 
Hari Ini Grand Opening UMKM Kelurahan Benteng Pinrang, Dibangun Atas Swadaya Masyarakat. (Foto: Daeng Tojeng)

ONEANEWS.com – Salah satu wadah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dibangun oleh masyarakat Kelurahan Benteng Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan melalui swadaya masyarakat dan berlokasi di samping kantor kelurahan Benteng.

Hari ini, Sabtu 9 Maret 2024 akan dilaksanakan kegiatan grand opening launching UMKM Kelurahan Benteng oleh Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid.

Pada persiapan kegiatan launching tersebut ketua panitia bersama pengurus serta beberapa anggota TNI dan Polri dan perangkat Kelurahan ikut berpartisipasi juga bekerja sama untuk mensukseskan acara launching UMKM.

“Hari ini tepatnya tanggal 9 Maret 2024 pukul 15.00 Wita akan dilaksanakan kegiatan Grand Opening Launching UMKM Kelurahan Benteng oleh bapak Bupati Pinrang,” kata Daeng Tojeng sebagai Ketua Panitia Pelaksana.

Lanjut dia mengatakan, persiapan launching ini sudah dilakukan sejak sebulan lalu namun kegiatan finishing bangunan UMKM ini baru selesai beberapa hari lalu.

“Olehnya itu atas kesepakatan bersama antara pengurus dan masyarakat serta pemerintah Lurah Benteng juga para anggota TNI-Polri, maka pada hari ini Sabtu 9 Maret 2024, kami tetapkan untuk melakukan kegiatan grand opening launching UMKM Kelurahan Benteng sebelum masuk bulan Ramadhan,” kata Daeng Tojeng.

Daeng Tojeng lanjutnya, sebagai ketua panitia pelaksana dan salah satu penanggung jawab UMKM Kelurahan Benteng saya berharap wadah UMKM ini nantinya bisa berdampak positif dimana dapat membantu kesejahteraan maupun perekonomian masyarakat Kelurahan Benteng khususnya.

Juga bisa menjadi wadah penyaluran beberapa karya tangan putra maupun putri daerah Kelurahan Benteng yang dapat dijadikan bahan cinderamata atau bisa juga jadi tempat menyajikan cita rasa makanan maupun minuman khas daerah Kelurahan Benteng.

Dia menambahkan, perlu diketahui bahwa UMKM Kelurahan Benteng ini, satu satunya UMKM yang di miliki oleh seluruh desa dan kelurahan se-Kecamatan Patampanua dan hanya ada di Kelurahan Benteng.

“Di salam UMKM Kelurahan Benteng bukan hanya kegiatan UMKM yang kami fokuskan, akan tetap di dalam bangunan UMKM ini juga terdapat rumah Restoratif Justice (RJ) yang didampingi salah satu warung kopi bernama Kopikir_ Sendiri,” ujarnya.

Senada dengan itu Lurah Benteng Andi Rahmat juga menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat Kelurahan Benteng khususnya para pemuda, dimana atas usulan dan sarannya ini lah bersama para senior penggerak organisasi terdahulu yang dikenal dengan nama Generasi Muda Patampanua (GMP) Kelurahan Benteng.

“Sehingga UMKM Kelurahan Benteng ini yang terdiri dari bagian UMKM sendiri, rumah Restoratif Justice (RJ) dan didampingi salah satu warung kopi bernama Kopikir_Sendiri sebentar lagi akan di lakukan lounching oleh bapak Bupati Pinrang H.A.Irwan Hamid,” kata dia.

Menurutnya, karya-karya para pemuda Kelurahan Benteng ini tak diragukan lagi, dimana mulai dari kantor Lurah, UPT Pendidikan dan Posyandu sampai pada bangunan UMKM ini semua pembangunannya dibangun atas dasar swadaya masyarakat.

“Semoga para pemuda di Kelurahan Benteng terus memperlihatkan karya dan terobosannya untuk pembangunan, serta kesejahteraan ekonomi di tengah – tengah masyarakat Kelurahan Benteng Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang,” tandasnya. (*)

 

Bagikan artikel ini ke :
error: