Bukan Sekadar Peribahasa, Buah Simalakama Ternyata Ada dan Tumbuh di Indonesia 

Bukan Sekadar Peribahasa, Buah Simalakama Ternyata Ada dan Tumbuh di Indonesia 
Buah Mahkota atau Simalakama (Foto: iStockphoto/JokoHarismoyo)

ONEANEWS.com – Ada peribahasa yang berbunyi “Bagai makan buah simalakama”. Ternyata kata buah simalakama bukan sekadar pepatah.

Melainkan benar terdapat buah bernama simalakama. Buah simalakama merupakan nama lain dari buah mahkota dewa. Buah ini termasuk tanaman asli Indonesia yang berasal dari tanah Papua.

Buah simalakama dipercaya berkhasiat untuk mencegah dan menyembuhkan sejumlah penyakit. Karena itu, buah ini dikenal sebagai herba yang dijadikan obat tradisional.

Penasaran dengan buah satu ini? Cari tahu wujud, kandungan, serta manfaat buah simalakama pada uraian di bawah.

Bentuk Buah Simalakama

Dikutip dari buku The Miracle of Herbs karya dr Prapti Utami dan Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz, buah simalakama atau buah mahkota dewa memiliki nama ilmiah Phaleria macrocarpa (Scheff.) Boerl.

Tanaman dari buah ini tumbuh tegak setinggi 1-2,5 meter. Batangnya berbentuk bulat, permukaannya kasar, serta berkayu dan bergetah.

Daunnya berbentuk tunggal jorong dengan ujung runcing dan tangkai yang pendek. Panjang daun kisaran 7-10 cm dengan lebar 2-5 cm. Tepi daun rata, permukaan licin, dan warnanya hijau tua.

Bunga tanaman ini berukuran berbentuk tabung kecil berwarna putih dan harum wanginya. Bunganya muncul sepanjang tahun dan tersebar di batang dan sekitar daun.

Adapun buah simalakama berbentuk bulat dengan diameter 3-5 cm dan permukaan licin. Saat muda, warna buahnya hijau. Setelah matang, buahnya berubah jadi merah.

Untuk daging buahnya memiliki warna putih, berserat dan berair. Sedangkan bijinya berbentuk bulat keras dengan warna kecokelatan.

Selain buah mahkota dewa, di berbagai daerah di Indonesia buah simalakama dikenal juga sebagai mahkuto dewo, makuto mewo, pusaka dewa, hingga makuto rojo.

Kandungan Buah Simalakama

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dra. Vivi Lisdawati, M.Si pada 2002, daging buah simalakama dan cangkang bijinya mengandung sejumlah senyawa aktif yang memiliki manfaat bagi kesehatan, antara lain alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol.

Kandungan alkaloidnya bersifat detoksifikasi sehingga bisa menetralisir racun dalam tubuh jika dikonsumsi. Senyawa saponinnya berperan sebagai antibakteri, antivirus, peningkat sistem kekebalan tubuh dan vitalitas, pengontrol gula darah serta menurunkan penggumpalan darah.

Flavonoid pada buah simalakama dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah penyumbatan di pembuluh darah. Adapun kandungan polifenolnya berperan sebagai antialergi.

Manfaat Buah Simalakama

Dengan sejumlah kandungannya itu, berikut manfaat buah simalakama bagi kesehatan:

1. Menghambat Pertumbuhan Kanker

Beberapa penelitian menemukan bahwa buah simalakama dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dengan kandungan yang dimilikinya.

Studi 2023 yang dilakukan oleh Dra. Lucie Widowati menunjukkan bahwa buah simalakama bersifat sitotoksik yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker rahim dan sel leukemia, serta menurunkan kadar gula darah dan asam urat. Selain itu, buah ini juga bersifat antioksidan yang mengikat radikal bebas.

Riset serupa lainnya menyatakan bahwa buah simalakama bisa menghambat pertumbuhan kanker darah putih sebesar 50 persen.

2. Memperlambat Penuaan Dini

Studi yang dilakukan oleh Universitas Lambung Mangkurat menemukan bahwa buah simalakama berpotensi menghambat reaksi glikosilasi yang menyebabkan penuaan dini. Ini karena kandungan antioksidan yakni flavonoid dalam daun tanaman mahkota dewa.

3. Menurunkan Kadar Glukosa

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Meiyanti, dkk, menunjukkan bahwa bubuk daging buah simalakama bisa menurunkan kadar glukosa darah pada orang sehat. Ini lantaran senyawa saponin yang dikandungnya berperan dalam menahan absorbsi glukosa.

Itu dia wujud, kandungan, serta khasiat buah simalakama yang bermanfaat bagi kesehatan.

Sumber: detik.com

Bagikan artikel ini ke :
error: