Jawaban Ilmuwan Mengapa Manusia Tidak Bisa Berumur 200 Tahun

Jawaban Ilmuwan Mengapa Manusia Tidak Bisa Berumur 200 Tahun
Ilustrasi. Jawaban Ilmuwan Mengapa Manusia Tidak Bisa Berumur 200 Tahun. (Foto: iStockphoto/USO)

ONEANEWS.com – Tahukah Anda bahwa Ada perbedaan besar antara kecepatan penuaan mamalia (termasuk manusia) dan kecepatan penuaan banyak spesies reptil dan amfibi.

Dilansir dari merdeka.com, perbedaan ini, menurut seorang ilmuwan, mungkin disebabkan oleh dominasi dinosaurus jutaan tahun lalu, pada periode kritis dalam sejarah mamalia.

Ahli mikrobiologi Joao Pedro de Magalhaes dari Universitas Birmingham, Inggris menjelaskan hipotesis “hambatan umur panjang” dalam sebuah makalah yang baru diterbitkan.

Selama era dinosaurus, mamalia kecil harus bereproduksi dengan cepat untuk bertahan hidup, sehingga gen-gen yang terkait dengan umur panjang kemungkinan dieliminasi selama evolusi.

“Beberapa mamalia paling awal terpaksa hidup di bagian bawah rantai makanan, dan kemungkinan besar menghabiskan 100 juta tahun pada zaman dinosaurus untuk berevolusi guna bertahan hidup melalui reproduksi yang cepat,” kata De Magalhaes.

“Tekanan evolusi dalam jangka waktu lama, menurut saya, berdampak pada cara manusia menua,” tambahnya, seperti dilansir Science Alert.

Penelitian ini juga menunjukkan nenek moyang mamalia eutherian kehilangan enzim tertentu pada zaman dinosaurus yang berfungsi memperbaiki kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Menariknya, bahkan hewan berkantung dan monotremata kekurangan setidaknya satu dari tiga enzim perbaikan UV, yang dikenal sebagai fotolyase. Sulit untuk mengatakan apakah hal ini ada hubungannya dengan rentang hidup mereka yang relatif lebih pendek.

Salah satu kemungkinannya adalah hilangnya mamalia karena mamalia menjadi lebih aktif di malam hari agar tetap aman, dan jutaan tahun kemudian, kita menggantinya dengan krim tabir surya. Ini adalah contoh mekanisme perbaikan dan restorasi yang seharusnya kita miliki.

Beberapa tanda lainnya, seperti pertumbuhan gigi sepanjang hidup yang terlihat pada reptil tertentu, tidak terjadi pada manusia, mungkin sebagai hasil seleksi genetik yang terjadi ratusan ribu tahun lalu.

“Kami melihat contoh perbaikan dan regenerasi yang luar biasa di dunia hewan,” kata De Magalhaes. “Informasi genetik tersebut tidak diperlukan bagi mamalia awal yang beruntung tidak menjadi makanan T. rex .”

Apakah kita melakukan hal tersebut di bawah batasan yang dipaksakan oleh nenek moyang kita yang berumur pendek, atau entah bagaimana kita telah berevolusi agar tidak terpengaruh oleh nenek moyang kita, bisa menjadi target penelitian di masa depan.

Memahami lebih banyak tentang faktor-faktor di balik penuaan selalu berguna dalam memerangi penyakit yang berkaitan dengan usia, termasuk demensia dan stroke, dan genetika di balik “hambatan umur panjang” mungkin memiliki lebih banyak pelajaran untuk kita di sini.

“Meskipun saat ini hanya sebuah hipotesis, ada banyak sudut pandang yang menarik untuk diambil, termasuk prospek bahwa kanker lebih sering terjadi pada mamalia dibandingkan spesies lain karena proses penuaan yang cepat,” kata De Magalhaes. (*)

Bagikan artikel ini ke :
error: